Sunday, October 6, 2013

ACNE VULGARIS

JERAWAT OH..... JERAWAT  T_T

            Teman-teman pasti udah tahu nihhh dengan yang namanya JERAWAT soalnya hampir semua orang pernah berjerawat, dari yang usia remaja sampai dewasa. Terutama pada usia remaja yang lagi mengalami pubertas. Perubahan hormon pada masa pubertas dapat merangsang kelenjar sebasea (kelenjar penghasil minyak) di kulit untuk menjadi lebih aktif dan menghasilkan minyak yang berlebihan. Walau kelihatannya sepele tapi tetep aja yang namanya jerawat bikin kita gak PD, apalagi kalau sampai meninggalkan bekas permanen (pengalaman pribadi nih hiks hiks hiks, biar udah terjadi tapi tetap harus semangat, chayooo).


PENYEBAB JERAWAT
Jerawat tidak hanya menyerang muka tapi ia juga menyerang bagian tubuh lain, jerawat juga tidak melulu muncul karena kotor, melainkan disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar sebasea yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri, dan akhirnya dapat menyebabkan peradangan.
Sumbatan pada pori ada yang berwarna putih (whiteheads) atau gelap (blackheads). Whiteheads merupakan pori yang tersumbat dan tidak memiliki bukaan, sementara blackheads adalah pori yang terbuka dan memiliki permukaan gelap. Jika pecah maka isi di dalamnya yang berupa minyak dan bakteri dapat keluar dan menyebar ke area sekelilingnya. Hal ini dapat menyebabkan reaksi peradangan jika peradangan terjadi jauh di dalam kulit, jerawat dapat membesar dan mengeras serta terasa sakit yang disebut kista.

MENGATASI JERAWAT
Jerawat bukan masalah medis yang serius, pada kebanyakan kasus jerawat akan hilang dengan sendirinya. Namun jika jerawat yang diderita sudah berupa kista yang meradang, disarankan segera berkonsultasi dengan dermatologis atau dokter spesialis kulit untuk menghindari terjadinya kerusakan kulit lebih lanjut. Jangan mengharapkan jerawat dapat dihilangkan secara instan, pengobatan yang benar biasanya membutuhkan waktu lama jadi harus sabar yaaaa selama menjalani pengobatan. Beberapa macam cara pengobatan yang akan dilakukan oleh dokter spesialis kulit, adalah antara lain :
1. antibiotik, diberikan bila jerawat sedang meradang dan ditujukan untuk mereduksi bakteri serta mengurangi peradangan.
2. pengobatan topikal, pemberian obat luar yang dioleskan langsung pada jerawat, bertujuan untuk mengurangi produksi minyak, membunuh bakteri, dan mempercepat pengelupasan sel kulit mati.
3. pengobatan lain yang bersifat tindakan seperti : suntikan, peeling/pengelupasan, dermaroller, dan laser

MENCEGAH JERAWAT
1. Cuci daerah yang berpotensi jerawat minimal dua kali sehari, sehingga dapat mengurangi produksi minyak dan menghapus sel kulit mati.
2. Bersihkan wajah sebelum tidur, khususnya bagi yang sering memakai make-up .
3. Gunakan pakaian yang nyaman. Terlalu sering menggunakan pakaian ketat dan tidak menyerap keringat dapat mengiritasi kulit.
4. Banyak minum air putih dapat membantu tubuh mengeluarkan racun sehingga mengurangi risiko timbulnya jerawat.
5. Hindari stres ! perlu diketahui bahwa stres dapat meningkatkan kerja kelenjar sebasea yang menghasilkan minyak menjadi lebih produktif.
6. Rambut rapi, percaya atau tidak, rambut mengandung minyak dan kotoran, apalagi bila kita       sering beraktivitas di luar ruangan. Rambut yang tidak rapi atau memiliki potongan berponi       dan sering menyentuh wajah, akan membuat kandungan minyak mudah menyentuh wajah dan     menimbulkan jerawat.

No comments:

Post a Comment