Sunday, October 6, 2013

MEROKOK

MENGINTIP KANDUNGAN SEBATANG ROKOK

Dalam postingan ini saya tidak memasukkan atau membuat tabel kandungan zat-zat apa saja yang ada dalam rokok dan jumlahnya dalam persen, soalnya yang saya tulis disini memang hanya informasi singkat saja, untuk sekedar masyarakat umum ketahui saja. Takutnya nanti kalau saya buat tulisannya panjang-panjang yang baca jadi bosen, dikirain nanti saya mau kasih kuliah hehehehehe, bercanda.
            Masyarakat selama ini tahunya zat berbahaya yang ada dalam rokok hanyalah nikotin saja, ternyata anggapan itu salah. Nikotin adalah komponen adiktif tembakau yang menyebabkan perokok merasa relaks karena neurotransmitter.
            Secara keseluruhan rokok adalah campuran senyawa kompleks yang dihasilkan oleh pembakaran tembakau dan adiktif. Terlepas dari stimulan nikotin biasa, asap rokok juga mengandung tar yang terdiri dari lebih 4.000 bahan kimia, termasuk sekitar 60 bahan kimia karsinogenik yang berbahaya. Hampir semua jenis zat tersebut mematikan. Zat-zat inilah yang menyebabkan penyakit jantung, paru-paru, emphysema, dan penyakit berbahaya lainnya.

            Menurut data hasil survei WHO pada 2006-2007 (belum ketemu hasil survei yang tahun terbaru), Indonesia adalah negara ketiga terbanyak yang memiliki penduduk perokok aktif. Artinya sekitar 427 ribu orang meninggal setiap tahun di Indonesia karena rokok, umumnya karena penyakit yang ditimbulkan akibat rokok seperti paru dan jantung koroner. Oleh karena itu dibutuhkan kesadaran dari para perokok aktif untuk berhenti merokok, demi menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

"semoga bermanfaat bagi yang membaca ^_* "

No comments:

Post a Comment