Sunday, October 6, 2013

MINUM OBAT DENGAN BAIK & TEPAT

MINUM DENGAN AIR PUTIH
Kalau kita konsumsi obat, dokter, perawat atau tim kesehatan lainnya selalu menyarankan minum dengan air putih, kenapa kita tidak disarankan mengkonsumsi obat dengan minuman lain ???
Berikut penjelasannya :


Minuman Beralkohol
Tidak disarankan mengonsumsi obat-obatan dengan menggunakan minuman beralkohol, karena senyawa pada alkohol dapat mengakibatkan reaksi negatif terhadap obat-obatan tersebut. Reaksi yang ditimbulkan antara lain dapat meningkatkan ataupun mengurangi efek obat. Sebagai contoh efek samping obat-obatan dapat meningkat seperti rasa kantuk yang berlebihan, gangguan kesadaran yang bersifat sementara maupun permanen, hingga mematikan.

Minuman Bersoda
Susunan senyawa karbonat pada minuman bersoda dapat menimbulkan reaksi terhadap zat kimia yang terkandung di dalam obat-obatan. Reaksi yang ditimbulkan berupa efek samping yang bervariasi. Sebagai contoh, teofilin dan salbutamol jika diminum bersamaan dengan minuman bersoda dapat menimbulkan penurunan efek kerja pada obat, sehingga tidak optimal dalam menyembuhkan penyakit.

Kopi, Teh dan Susu
Ketiga minuman ini memiliki sifat asam. Seperti yang telah dikenal bahwa sifat asam dapat mengiritasi lambung dan menimbulkan efek samping pada obat-obatan tertentu. Sebagai contoh, susu yang apabila diminum bersamaan dengan antibiotik tetrasiklin dapat mengganggu kalsifikasi atau proses pertumbuhan dan pembentukan tulang serta gigi pada anak.

Jus Buah
Jus buah terdiri dari aneka senyawa yang kompleks dan dapat bereaksi terhadap berbagai macam obat, sehingga dapat memicu adanya efek samping obat. Salah satu contoh buah yang paling banyak bereaksi terhadap obat adalah Grapefruit (sejenis jeruk) yang sebagian besar efeknya adalah menurunkan kerja obat.

“untuk informasi lebih lanjut bisa tanyakan langsung pada dokter anda ^_* “

sumber : Eka Hospital Magazine

No comments:

Post a Comment